FAQ

Apa itu FAQ & Bagaimana Anda Memanfaatkannya?

FAQ merupakan singkatan dari frequently asked question, sebuah list yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen ataupun user mengenai sebuah topik, beserta jawabannya.

 

1.KTP-el saya tidak jadi-jadi ? apa yang harus saya lakukan ? 

Apabila KTP-elnya belum tercetak, silahkan sdr ke Kecamatan minta bantuan operator untuk ngecek apakah KTP-el milik sdr sudah tercetak atau blm ?
Apabila belum tercetak, maka operator Kecamatan akan mengajukan pencetakan KTP-elnya secara langsung melalui aplikasi yang dapat diakses oleh masing-masing Kecamatan, bisa juga terjadi kegagalan dalam proses perekaman data KTP-el s.d tercetaknya.

Yang harus dilakukan adalah cek biometric menggunakan alat dan dapat dilakukan diKecamatan ataupun Disdukcapil, syaratnya harus datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan, cukup dengan membawa FC Kartu keluarga saja.

 

2.Saya mau cetak KTP-el lagi bagaimana prosesnya ?

Ajukan pencetakan KTP-el melalui operator yang ada di Kecamatan (baik yang melakukan perpindahan antar desa/kelurahan/kecamatan, Perubahan status, Perubahan jenis pekerjaan, KTP-el yang rusak / tulisan hilang / tidak terbaca) dengan membawa FC KK dan KTP-el asli yang sebelumnya.

Untuk KTP-el yang hilang syaratnya surat kehilangan dari kepolisian dan FC Kartu keluarga, bisa diproses lewat operator yang ada di kecamatan atau langsung datang ke Disdukcapil Kabupaten Cilacap tanpe diwakilkan.

 

3.Dimana saya bisa mengambil KTP-el yang sudah tercetak dan bagaimana cara saya untuk memantaunya?

Daftar cetak KTP-el kami upload di :

Daftar Pencetakan KTP-el

silahkan dipantau dari setiap daftar cetak yang sudah kami upload, dan KTP-el tersebut kami distribusikan ke masing-masing UPTD sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing. Syarat pengambilan FC KK, dan dapat diwakilkan oleh keluarga kandung atau keluarga yang terdapat pada kartu keluarga yg sama.

 

4.Penyebab KTP-el tidak tercetak ?

Yang sering terjadi dilapangan adalah :

  1. ADJUDICATE_RECORD;
  2. DUPLICATE_RECORD dan
  3. ENROLL_FAILURE_AT_CENTRAL

 

Penjelasan :

ADJUDICATE_RECORD : Perekaman sidik jari ganda

Hasil perekaman pada sidik jari / biometrik warga tersebut terindentifikasi ada kemiripan dengan biometric lain yang ada di database.

DUPLICATE RECORD

Duplicate record terdiri dari 2 (dua) yaitu DUPLICATE RECORD ONE TO ONE & DUPLICATE RECORD ONE TO MANY.

Duplicate record one to one, biometric telah lulus verifikasi namun terdapat kesamaan dan biasanya terjadi apabila warga melakukan perekaman data KTP_el lebih dari satu kali.

Solusi untuk duplicate record one to one :

Warga tersebut datang tanpa diwakilkan oleh keluarga, ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap, dengan membawa kartu keluarga ke pelayanan data bermasalah / cek biometric. Petugas akan memproses dengan menggunakan alat pemindai yaitu cek biometric bisa menggunakan iris mata atau sidik jari untuk di cari NIK perekaman yang tunggal.

Apabila diketemukan terdapat 2 (dua) NIK yang berbeda, tetapi elemen biodatanya sama. Seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ibu, nama ayah, maka dapat diselesaikan pada hari yang sama oleh petugas.

Kenyataan dilapangan, banyak sekali warga yang melakukan perubahan tanggal, bulan dan tahun lahir maka beranggapan NIK tersebut juga harus ganti sesuai dengan komposisi perubahan yang telah warga lakukan.

NIK bersifat unik dan tunggal, sekalipun warga tersebut melakukan perubahan pada elemen data dimaksud.

Duplicate_record_one_to_many

Apabila petugas sudah mencari NIK tunggal warga, tetapi tidak diketemukan bisa jadi datanya masuk ke jenis duplicate_one_to_many. Ada kesamaan biometric dengan banyak orang, Biasanya pada saat perekaman data KTP-el menggunakan contact lens, atau sidik jari yang tertimpa dengan sidik jari orang lain yang sebelumnya melakukan perekaman data KTP-el dan belum di bersihkan oleh petugas atau sebab lainnya.

Solusi untuk Duplicate Record one to many, Enroll Failure at Central, Enroll Failure at Regional dan Ajudicate Record :

Hasil perekaman KTP-el tersebut harus diajukan penghapusan ke pusat berdasarkan NIK, setelah penghapusan dinyatakan bersih kemudian warga melakukan perekaman ulang KTP-el mulai dari awal lagi. Warga datang ke pelayanan data bermasalah di disdukcapil, membawa FC KK dan melampirkan nomer HP yang aktif. Waktu penyelesaian 7 hari kerja.

 

5.Bagaimana cara mendaftar pelayanan secara online melalui aplikasi Si Cemplon ?

Dapat diakses melalui HP, Laptop, PC, Notebook, Tablet :
https://eakta.cilacapkab.go.id/
atau dapat juga diunduh melalui playstore, cari menggunakan kata kunci Si Cemplon

SEMUA PERMOHONAN PELAYANAN ONLINE DOKUMEN ADMINDUK
AKAN DIPROSES PADA JAM DAN HARI KERJA

JAM PELAYANAN :
SENIN S/D KAMIS (08.00 S/D 14.00 WIB) JUMAT (08.00 S/D 13.30 WIB)

 

CARA MEMBUAT AKUN BARU (BAGI YANG BELUM PERNAH MENDAFTAR)
1. Buka browser
https://eakta.cilacapkab.go.id/ atau si cemplon pada HP
2. Klik pendaftaran baru

3. Masukkan NIK dan kode 4 digit yang tertera (NIK yang digunakan mendaftar harus
dalam 1 Kartu Keluarga)

4. Pastikan NIK benar, kemudian klik DAFTAR

5. Isikan alamat email aktif anda, masukkan nomor HP aktif dan nomor yang digunakan
untuk WhatsApp, lalu klik SIMPAN
6. Kode Verifikasi (password) akan dikirimkan melalui nomor WhatssApp yang telah anda
daftarkan pada saat pengisian.

APABILA SALAH MEMASUKKAN NOMOR HP / INGIN MENGUPDATE NOMOR
HP :
1. Login pada User
2. Pilih menu Profil
3. Edit / Ganti No Hp yang Baru
4. Klik Update

APABILA MENCOBA LOG IN, KEMUDIAN KATA KUNCI MASIH SALAH PADA
APLIKASI PELAYANAN ONLINE :
1. Klik lupa password, masukkan NIK dan Nomor HP (pastikan No HP yang digunakan
WhatsApp)
2. Kemudian klik KIRIM
3. Tunggu 15 s.d 30 menit, reset password akan dikirimkan melalui WhatsApp
4. Ketika kode reset telah diterima, kemudian masuk kembali pada aplikasi pelayanan
online dan klik reset password
5. Masukkan NIK dan Kode Reset yang telah didapat
6. klik SUBMIT
7. Masukkan Password Baru anda
8. Kemudian klik SUBMIT
9. Klik login, masukkan NIK dan Password anda yang baru
Selamat!! Anda berhasil login dengan menggunakan password yang baru

KODE VERIFIKASI AKAN DIKIRIMKAN MELALUI WHATSAPP DAN EMAIL
AKTIF YANG DIGUNAKAN

APABILA DOKUMEN TELAH DIKIRIM DAN DIUPLOAD DENGAN DATA DUKUNG,
KEMUDIAN MENDAPATKAN NOTIFIKASI YANG DIKIRIMKAN MELALUI WhattsApp
DAN ADA 2 (DUA) YANG ISINYA :

1. Pelaporan berhasil dikirim : Pendaftaran yang saudara ajukan, akan segera kami
proses dan membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Selanjutnya silakan pantau status
pengajuan pada Menu Pengajuan melalui akun anda. Terima kasih

(notifikasi ini diperuntukkan bagi yang dokumennya telah lengkap)

2. Pelaporan Ditolak/Pending : Untuk melengkapinya silahkan masuk kembali ke aplikasi
pelayanan online Si Cemplon, Kemudian cek pada detail pelaporan dengan
menggunakan akun anda, kemudian upload kembali kekurangan dokumen yang telah
disebutkan. Terima kasih

(notifikasi ini diperuntukkan bagi yang dokumennya tidak lengkap, untuk dapat
segera diupload kembali kekurangan data dukungnya)

 

6.Apakah KIA diperuntukkan bagi semua anak-anak ? dan bagaimana prosesnya ?

Untuk KIA prosesnya melalui koordinator wilayah sekolah masing-masing dan diprioritaskan bagi siswa/siswi SD kelas 5 dan 6.

 

7.Ketika saya ke BPJS, Bank, Simcard, Kantor Pajak, Disnaker, Mengajukan pinjaman melalui multifinance, mendaftar pendidikan pada sekolah ikatan dinas dan saat mendaftar guna keperluan diKUA, data aya tidak ditemukan ?

bisa menggunakan pelayanan WA sinkronisasi, dengan format

SINKRONISASI#NIK#NAMA#NO_KK#KEPERLUAN dan dikirim ke nomor 0816647001

akan dilayani pada hari dan jam kerja