Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022

 

CILACAP – Bangsa Indonesia pastinya tidak akan lupa Hari Sumpah Pemuda yang merupakan momentum berubahnya arah perjuangan. Perjuangan yang sebelumnya bersifat kedaerahan beralih menyatukan keberagaman. Adanya persamaan nasib di bawah penjajahan membuat sadar para pemuda Indonesia untuk meninggalkan ego daerahnya masing-masing. Tepatnya, pada tanggal 28 Oktober 1928, 94 tahun yang lalu, para pemuda Indonesia dari berbagai daerah, suku, agama dan kebudayaan mengikrarkan diri untuk satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Sementara itu, logo Hari Sumpah Pemuda 2022 juga memiliki arti tersendiri. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari edaran resmi Kemenpora tentang Hari Sumpah Pemuda 2022.

1. Karakter Logo (Angka 94)
Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.

2. Garis
Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.

3. Lingkaran
Bentuk lingkaran pada angka 9, diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.

4. Dua Garis Berjajar
Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas pada angka 9 dan 4, menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA : BERSATU BANGUN BANGSA