Kegiatan Jemput Bola Lansia Disdukcapil Kab. Cilacap di Desa Mandala Kecamatan Cimanggu

CILACAP – Jemput Bola merupakan pelayanan perekaman KTP-El dengan mendatangi lokasi seperti Kecamatan, Desa dan Lapas. Hal ini dilakukan jika ada permintaan surat permohonan dari masyarakat yang disampaikan ke Disdukcapil Kab. Cilacap. Pelayanan ini bertujuan untuk melayani masyarakat yang tidak dapat mendatangi Kantor Disdukcapil Kab. Cilacap atau Kecamatan setempat untuk perekaman KTP-El.

Perekaman ini dilakukan pada Rabu, 5 Oktober 2022, berlokasi di Balai Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Perekaman dilakukan oleh 4 orang petugas Disdukcapil, 2 orang dari Disdukcapil Kab. Cilacap, 2 orang dari UPTD Yandukcapil Majenang dengan alat-alat yang sudah disiapkan oleh pihak Disdukcapil Kab. Cilacap.

Perekaman ini dilakukan untuk lansia yang berasal dari Desa Mandala, dimulai dari jam 11.00 – 14.00 WIB, dengan total sekitar 44 warga lansia. Setelah melakukan perekaman, pencetakan KTP-El akan dilakukan oleh UPTD Majenang dan akan di antar di Balai Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu apabila proses pencetakan telah selesai dikerjakan.

Kegiatan Jemput Bola ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan juga mempercepat pelayanan administrasi kependudukan, hal ini sangat membantu bagi lansia seperti yang berada di Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu, Kab. Cilacap. Selain hanya melakukan perekaman KTP-El, Disdukcapil Kab. Cilacap juga bersilaturahmi di Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu dengan Perangkat Desa Mandala.

Harapannya dengan dilakukannya kegiatan Jemput Bola Lansia di Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu yang pastinya dapat meningkatkan kualitas pelayanan, pendekatan pelayanan juga mempercepat pelayanan administrasi kependudukan dan untukmeningkatkan capaian kerja Disdukcapil Kab. Cilacap untuk target perekaman KTP-El. Selain itu juga dapat menjalin relasi dengan perangkat maupun warga Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu.

Hal ini juga bermanfaat bagi masyarakat yang tidak dapat untuk mendatangi Kantor Disdukcapil Kab. Cilacap maupun Kecamatan setempat agar membantu menambahkan identitas jati diri dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta. (RR)