Disdukcapil Kab. Cilacap In World Cleanup Day

CILACAP – World Cleanup Day atau disingkat WCD merupakan salah satu gerakan sosial yang menggerakan masyarakat untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Aksi ini merupakan salah satu perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta mencintai kepedulian terhadap masa depan lingkungan sekitar.

World Cleanup Day diperkenalkan pertama kali di Indonesia oleh Let’s Do It! Indonesia tepatnya pada tahun 2014 silam. Let’s Do It! Indonesia merupakan organisasi yang berada dibawah naungan Let’s Do It! World Movement yang menggandeng berbagai komunitas untuk membuat sebuah organisasi inti nasional di Indonesia dengan tujuan memimpin aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia.

Sesuai dengan surat edaran dari Bupati Cilacap Nomor : 188.6/02878/24/CLP tentang pelaksanaan World Cleanup Day (WCD) tahun 2022 dengan tema “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”.  Pada tanggal 23 September 2022, Disdukcapil Kab. Cilacap melakukan World Cleanup Day dengan aksi Cleanup dan Pilah sampah ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah, Polisi/TNI, Sekolah/Madrasah, Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kegiatan ini dimulai pada pagi hari pukul 07.15 WIB, dengan kegiatan membersihkan halaman, mencabuti rumput, bersih-bersih tempat parkir, memilah sampah organik dan anorganik. Pelaksanaan Cleanup dan Pilah Sampah ini dilakukan dengan cara mengelompokkan sampah menjadi sampah yang bisa di daur ulang dan sampah yang tidak bisa di daur ulang.

Sampah yang sudah dikumpulkan dan dipilah kemudian diserahkan ke Bank Sampah atau Komunitas Pendaur Ulang Sampah  bagi yang dapat didaur ulang, yang tidak dapat didaur ulang akan dioper ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Disdukcapil Kab. Cilacap dapat mengurangi sampah dan menjaga lingkungan sekitar agar bersih dan nyaman, ini membuat masyarakat semakin puas akan kenyamanan disaat pelayanan berlangsung di Disdukcapil Kab. Cilacap.(RR)