Jemput Bola oleh Disdukcapil Kab. Cilacap

CILACAP – Jemput Bola merupakan pelayanan perekaman KTP-El dengan cara mendatangi lokasi seperti Kecamatan, Desa atau Lapas. Jemput Bola bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan mendekatkan pelayanan serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan. Pelayanan ini dapat membantu masyarakat yang tidak dapat untuk mendatangi Kantor Disdukcapil Kab. Cilacap  ataupun kecamatan setempat untuk melakukan perekaman KTP-El.

Pelayanan ini dilakukan oleh 2 orang petugas sesuai permintaan surat permohonan dari masyarakat. Jika surat permohonan Jemput Bola disampaikan, maka Disdukcapil Kab. Cilacap langsung menurunkan 2 orang petugas untuk terjun ke lapangan menuju lokasi perekaman KTP-El. Perekaman dimulai setelah petugas sampai di lokasi, alat-alat perekaman pun telah disiapkan oleh pihak Disdukcapil Kab. Cilacap.

Pada hari Jumat tanggal 23 September 2022, Disdukcapil Kab. Cilacap melakukan perekaman Jemput Bola ke beberapa lokasi di sekitar Kab. Cilacap. Lokasi tersebut terletak di Desa Maos Lor, Kecamatan Kesugihan, Kelurahan Karangtalun. Perekaman pertama dilakukan di Desa Maos Lor  dengan perekaman KTP-El di lokasi tersebut, lalu dilanjut ke Kecamatan Kesugihan dan diakhiri di Kelurahan Karangtalun.

Perekaman KTP-El yang sudah selesai akan bisa di cetak. Jika proses pencetakan sudah selesai, maka bisa diambil di Kantor Disdukcapil Kab. Cilacap atau bisa di antar ke lokasi. Pelayanan Jemput Bola biasanya dilakukan kepada orang yang sudah Sepuh, Difabel dan ODGJ.

Dengan adanya pelayanan Jemput Bola, diharapkan Disdukcapil Kab. Cilacap dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta meningkatkan pendekatan pelayanan dan mempercepat pelayanan administrasi kependudukan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan capaian kerja Disdukcapil Kab. Cilacap untuk target perekaman KTP-El. (RR)