Kunjungan Ombudsman ke Disdukcapil Kab. Cilacap

CILACAP – Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2022 ke instansi penyelenggara baik di tingkat pusat maupun daerah akan dimulai oleh Ombudsman. Penilaian ini bertujuan untuk mencegah maladimnistrasi dengan menilai kondisi penyelenggara pelayanan publik secara komprehensif dengan hasil yang berupa Opini pengawasan Pelayanan Publik.

Selasa, 20 September 2022, Disdukcapil Kab. Cilacap menjamu tamu yaitu Ombudsman. Ombudsman merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Peran Ombudsman dalam kunjungan ini yaitu menjadi Tim Penilai Nasional yang dimana tim ini dibentuk untuk mengevaluasi unit kinerja pelayanan publik.

Ombudsman juga berperan menjadi saksi pada tahap pencanangan pembangunan Zona Integritas yang dilakukan oleh masing-masing instansi, baik di pemerintah pusat maupun di pemerintah daerah. Penilaian oleh Ombudsman merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya ini diharapkan menghilangkan penyakit birokrasi yang mengikis kualitas pelayanan publik.

Disdukcapil Kab. Cilacap meningkatkan pembaruan server pelayanan online mulai dari nomor antrian, unit pelayanan, fasilitas umum dan juga ruang tunggu pelayanan. Selain itu Disdukcapil Kab. Cilacap membuat tanda bagi penyandang difabel dan tempat khusus pelayanan bagi penyandang difabel dan alat bantu dengar bagi tunarungu dan juga sarana prasarana videotron yang menampilkan informasi-informasi terkait kependudukan. Disdukcapil Kab. Cilacap juga membuat sistem antrian online bagi masyarakat agar antrian tetap kondusif dan pelayanan semakin memuaskan.

Melalui ini ini diharapkan dapat mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik baik dari pemenuhan standar pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara layanan dan pengelolaan pengaduan, perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan maladministrasi melalui pemenuhan standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kompetensi penyelenggara layanan dan kualitas pengelola pengaduan tiap unit pelayanan publik di pemerintah pusat maupun daerah.

Dengan adanya penilaian dari Ombudsman, bagi Disdukcapil Kab. Cilacap juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik serta memberi kenyamanan bagi masyarakat. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat demi kenyamanan bersama dan membahagiakan masyarakat.(RR)