Meriahnya Karnaval Mobil Hias Bersama Disduk Capil Kab Cilacap

Cilacap – Karnaval merupakan hal yang sangat umum bagi masyarakat Indonesia, tak jarang masyarakat Indonesia pun ikut serta merayakan dan berpartisipasi pada karnaval tersebut. Salah satu karnaval tersebut yaitu Karnaval Pembangunan Cilacap dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77 th, karnaval yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap ini merujuk ke tema Kendaraan Hias.

Dengan bertema mobil hias, hal ini dapat menyejukkan mata para penonton karnaval tersebut. Karnaval ini dihadiri oleh beberapa kategori seperti Kategori Pendidikan (Sekolah Negeri, Swasta), Kategori Dinas Instansi dan Kategori Umum. Dengan dibaginya kategori tersebut maka dapat dipastikan bahwa pemerintah dapat mencakup peserta yang banyak untuk meramaikan karnaval mobil hias tersebut.

Diselenggarakan pada Kamis (25-08-2022) dimulai dari jam 10.00 W.I.B dengan rute awal di Jalan Setiabudi, Kebonmanis, Cilacap Utara diawali dengan pembukaan acara oleh Bupati Cilacap yaitu Tatto Suwarto Pamuji. Lalu setelah acara pembukaan langsung berjalan dari titik awal yaitu Jl. Setiabudi menuju ke Jl. Perintis Kemerdekaan, lalu menuju Jl. Gatot Subroto, lalu Jl. S. Parman dan diakhiri pada garis finish di Jl. Jendral Sudirman.

Berbagai macam kendaraan yang dihias sesuai dari tema kategori tersebut, hal ini yang membuat unik suatu karnaval dikarenakan suatu kendaraan hias pasti ada yang menjadi ikon dari kategori tersebut baik umum, pendidikan, maupun dinas instansi. Salah satunya dari kategori dinas instansi adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap.

Disduk Capil Kab Cilacap ini memberikan tema yang sangat unik yaitu kependudukan, dengan hiasan berbagai macam bunga, bendera Indonesia, serta salah satu ikon yang sangat menggambarkan Disduk Capil yaitu banner KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Pernikahan serta ornamen-ornamen ala 17 Agustusan seperti pita merah putih, kain merah putih dan sebagainya. Disduk Capil Kab Cilacap mengirimkan perwakilan 2 orang laki-laki dan perempuan sebagai pasangan untuk melaksanakan karnaval, dengan menggunakan pakaian adat dan ditampilkan diatas mobil, hal ini dapat menarik perhatian masyarakat dikarenakan kombinasi antara pakaian adat serta aksesoris ikonik dari Disduk Capil tersebut. Hiasan tersebut menggambarkan filosofi dari Kependudukan di Indonesia.

Ditambah aksesoris banner identitas dari Disduk Capil di depan, serta banner Pengurusan Dokumen Adminduk di sisi samping mobil, hal ini cukup menarik perhatian masyarakat serta munculnya di benak masyarakat bahwa aksesoris tersebut merupakan ikon yang khas dari Disduk Capil Kab Cilacap.

Karnaval mobil hias ini merupakan acara penutup dari acara HUT RI ke-77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Cilacap, hal ini merupakan gambaran pencapaian pembangunan di Cilacap. Karnaval ini sukses dan ramai menarik warga walaupun dibawah teriknya matahari yang dimana acara ini baru diadakan lagi setelah menghilang beberapa tahun kemarin dikarenakan adanya Corona Virus (Covid-19). (RR)