Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan

Terdiri dari :

  • 1 Orang Kepala Bidang (saat ini masih kosong)
  • 1 Orang Seksi Sistem Informasi Adm Kependudukan
  • 1 Orang Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan
  • dan beberapa orang staf pelaksana

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • Merumuskan program kerja bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  • Merumuskan kebijakan teknis pengelolaan informasi administrasi kependudukan skala kabupaten yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan Sumber Daya Manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  • Merumuskan bahan pembinaaan dan koordinasi dalam rangka penyusunan buku profil perkembangan kependudukan kabupaten dan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  • Menyusun pedoman teknis fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi pengelolaan informasi administrasi kependudukan skala kabupaten;
  • Mengelola dan mengendalikan pembangunan dan pengembangan jaringan komunikasi data skala kabupaten , penyediaan perangkat keras dan perlengkapan lainnya serta jaringan komunikasi data sampai dengan kecamatan dan/atau kelurahan/desa sebagai tempat pelayanan dokumen penduduk;
  • Merencanakan pembangunan replikasi data kependudukan dikabupaten, bank data kependudukan, tempat perekaman data penduduk dan pencatatan sipil serta pemutakhiran data penduduk menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan;
  • Menyusun pedoman teknis penyajian dan diseminasi informasi penduduk, perlindungan data pribadi pada bank data kependudukan kabupaten, perlindungan data pribadi penduduk dalam proses dan hasil pendaftaran penduduk serta pencatatan sipil dan merencanakan pelaksanaan pembinaan dan perkembangan sumber daya manusia pengelola informasi administrasi kependudukan skala kabupaten;
  • Mengendalikan dan mengevaluasi pengelolaan informasi administrasi kependudukan skala kabupaten serta menyusun pedoman teknis pengawasan atas pengelolaan informasi administrasi kependudukan skala kabupaten;
  • Menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  • Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • Melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.