Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

Terdiri dari :

  • 1 Orang Kepala Bidang
  • 1 Orang Seksi Kelahiran dan Kematian
  • 1 Orang Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan
  • dan beberapa staf pelaksana

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil mempunyai uraian tugas  :

  • Merumuskan program kerja bidang pelayanan pencatatan sipil sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;  
  • Melaksanakan legalisasi kutipan akta pencatatan sipil sesuai ketentuan peraturan perundang undangan;
  • Melaksanakan permohonan akta online, pembetulan dan pembatalan akta akta catatan sipil sesuai ketentuan peraturan perundang undangan;
  • Menerbitkan duplikat akta-akta catatan sipil sesuai ketentuan peraturan perundang undangan;
  • Melaksanakan pencatatan perkawinan dan pencatatan perceraian antara WNI dengan WNA;  
  • Melaksanakan pencatatan kelahiran bagi anak hasil perkawinan WNI dengan WNA;
  • Merencanakan pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pencatatan sipil skala kabupaten;
  • Menyusun pedoman teknis fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervise, dan konsultasi pelaksanaan pencatatan sipil skala kabupaten; 
  • Menyusun pedoman teknis pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pencatatan sipil ;
  • Merencanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola pencatatan sipil;
  • Menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;  
  • Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan   untuk bahan  pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • Melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.