Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk

Edi Wibowo, SH


Terdiri dari :

  • 1 Orang Kepala Dinas
  • 1 Orang Seksi Identitas Penduduk
  • 1 Orang Seksi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • Merumuskan program kerja bidang pelayanan pendaftaran penduduk sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • Mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  • Merumuskan kebijakan teknis pendaftaran penduduk skala kabupaten;
  • Menyelenggarakan pelayanan kependudukan (pendataan dan pencatatan) pindah datang antar kabupaten dan antar Negara serta penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam sistem administrasi kependudukan skala kabupaten;
  • Menyelenggarakan legalisasi, penerbitan, pendokumentasian, pemantauan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pendaftaran penduduk skala kabupaten sesuai peraturan perundang-undangan;
  • Menyelenggarakan pelayanan pindah datang penduduk dalam wilayah Republik Indonesia dan antar Negara serta menerbitkan dokumen kependudukan;
  • Menyusun pedoman teknis pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola pendaftaran  penduduk skala kabupaten;
  • Menyusun pedoman teknis penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar lembaga dan dengan lembaga pemerintah dan lembaga non pemerintah;
  • Menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  • Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • Melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.