Pemerintah Anugerahi Kadis Dukcapil Berprestasi di Rakornas Dukcapil II Tahun 2019

Jakarta – Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) memberi penghargaan pada berbagai pihak yang dianggap berprestasi dan turut andil dalam membantu penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Penghargaan diberikan dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) II Tahun 2019, yang digelar di Ballroom Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, 25 s.d 26 November 2019.

Penghargaan terbagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori ‘Dukcapil Bisa’, ‘Dukcapil Hebat’, ‘Dukcapil Selaras’, kategori ‘Khusus’, ‘Mitra Dukcapil’, serta ‘Dukcapil Mengabdi’.

Untuk penerima penghargaan kategori ‘Dukcapil Bisa’, penghargaan ini diberikan pada tiga Kepala Dinas yang memiliki capaian target tertinggi penerbitan akta kelahiran, perekaman KTP-el, kualitas pelayanan, inovasi, dan kinerja Kepala Dinas.

Tiga Kepala Dinas Dukcapil tersebut yaitu Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Chaerul Anwar, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, dan Kepala Dinas Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Utara, Erik Polim Sinurat.

Adapun untuk kategori ‘Dukcapil Hebat’ diberikan kepalada Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, atas pengembangan inovasi dan besarnya dukungan kepala daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

Untuk kategori ‘Dukcapil Selaras’ diberikan kepada Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia, Sunarso, atas pemanfaatan data kependudukan, NIK, dan KTP-el dalam jumlah banyak, serta output dan outcomenya bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Penghargaan juga diberikan pada Kepala Badan Statistik (BPS), Suhariyanto, yang menerima penghargaan kategori ‘Khusus’ atas dukungan dan komitmen terhadap penggunaan data kependudukan sebagai dasar Sensus Penduduk (SP) 2020.

Untuk kategori ‘Mitra Dukcapil’ dianugerahkan pada Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, atas peran aktif dan konsisten dalam mendukung pelaksanaan program administrasi kependudukan.

Terakhir, untuk kategori ‘Dukcapil Mengabdi’ diberikan pada saudara Joseph Rantesalu selaku Administrator Data Base Dukcapil Kabupaten Puncak atas dedikasi sebagai Aparatur Sipil Negara yang menjadi korban kerusuhan pada saat melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Puncak Jaya.

Sebagai tambahan informasi, berbagai penghargaan tersebut ditandatangani dan langsung diberikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. Tito Karnavian, pada tanggal 25 November 2019. Dukcapil***https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/333/pemerintah-anugerahi-kadis-dukcapil-berprestasi-di-rakornas-dukcapil-ii-tahun-2019