Layani Masyarakat, Korpri Masuki Era Digital

Bumi Serpong Damai – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) memasuki era digital. Hal ini ditandai dengan soft launching Aplikasi Korpri Untuk Indonesia (AKUI). 

“AKUI tak lain adalah aplikasi digital multiplatform yang menandai Korpri sudah memasuki dunia teknologi digital. AKUI berisi berbagai konten dari yang serius hingga yang bersifat entertaintment. Seperti ruang edukasi, berita, musik, kuliner, pariwisata, Gampang Umroh Bareng Korpri, hingga nanti akan ada TVKorpri dalam satu aplikasi,” ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Prof. Zudan Arif Fakrulloh saat membuka Korpri Expo di Hall 7 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (28/11/2019) malam.

Grand launching AKUI akan digelar secara super meriah usai Upacara HUT Korpri ke-48 di Hall 6 ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (29/11/2019).

“Alhamdulillah hari ini secara resmi kita soft launching AKUI, grand launchingnya besok pagi. AKUI adalah sebuah portal yang bisa digunakan semua anggota Korpri para ASN dan seluruh rakyat Indonesia untuk masuk melihat berbagai hal melalui pintu Korpri. Namanya pun Aplikasi Korpri Untuk Indonesia, dari Korpri untuk Indonesia,” kata Prof. Zudan.

“Misalnya temen-temen Korpri mau melihat informasi soal wisata kuliner, ingin mencari konten hiburan, pariwisata, mau lihat perkembangan ibukota negara ada blog-nya di AKUI. Ini terus kita kembangkan sehingga nanti kita bisa melihat KorpriTV dalam AKUI ini,” Zudan melanjutkan.

Dalam pembukaan Korpri Expo ini dilakukan penandatanganan kerja sama antara DPKN dengan para mitra penting antara lain dengan penyelenggara aplikasi pembayaran elektronik ‘Link Aja’ dan PT Taspen Life untuk masuk menjadi salah satu konten yang melengkapi AKUI. 

Zudan menjelaskan, dengan PT Taspen Life anggota Korpri bisa merancang masa depan saat pensiun. “Mau pensiun dapat 1 miliar, 750 juta bisa lewat portal AKUI. Dengan Taspen Life saya mengajak para ASN untuk mendesain kebahagiaannya. Setiap kebahagiaan, keunggulan, kemuliaan, harus kita sendiri yang mendesain. Mari kita rencanakan kemuliaan, kesejahteraan kita,” ujar Zudan.

Dalam Korpri Expo, Korpri menyediakan berbagai pelayanan publik seperti membuat SIM dari pihak Korlantas Polri, pelayanan pembuatan paspor oleh Kementerian Hukum dan HAM, serta pelayanan pembuatan KTP-el, kartu keluarga, akte kelahiran dan berbagai dokumen kependudukan lainnya oleh booth Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri. 

Di stand BPJS Kesehatan, pengunjung bisa dilayani untuk membuat kartu BPJS-Kes. Sedangkan di booth PT Taspen para PNS bisa dilayani unttuk membuat kartu istri (Karis) dan kartu suami (Karsu). 

“Dari lima pelayanan ini Korpri betul-betul melayani dan dirasakan keberadaannya di tengah masyarakat. Korpri Expo diikuti oleh 62 booth antara stand kementerian/lembaga, booth BUMN/BUMD dan stand UMKM,” jelas Sekretaris Panitia HUT Korpri Naziarto. Dukcapil***

 https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/329/layani-masyarakat-korpri-masuki-era-digital