Tingkatkan Kualitas Layanan, Dirjen Perintahkan Jajaran Dukcapil Gelar Survei Kepuasan Masyarakat

Jakarta – Selama 4 tahun berjalan jajaran Dukcapil Kemendagri tetap setia dengan jargon pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang membahagiakan masyarakat. Awalnya Ditjen Dukcapil di bawah kepemimpinan Prof. Zudan Arif Fakrulloh di tahun 2015 adalah membangun sistem Adminduk terlebih dulu dengan target tertib Adminduk. 

“Sekarang ini cakupan akta kelahiran sudah mencapai 91 persen, kita anggap itu sudah tertib Adminduk. Cakupan perekaman KTP-el 98,78 persen tinggal 1,2 persen lagi. Kita anggap sudah tertib Adminduk. Sistem Informasi Adminduk atau SIAK kita sudah semakin rapi. Jadi boleh dikatakan tertib adminduk sudah tercapai,” tutur Dirjen Dukcapil di hadapan para Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil yang hadir dalam Workshop Pengembangan Kapasitas Aparatur Disdukcapil di Daerah, bertema: SDM Unggul Pelayanan Adminduk Prima, di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Namun Zudan menandaskan, tidak berhenti sampai di situ. “Setelah tertib Adminduk tercapai, tak bosan-bosan saya mengingatkan yang menjadi semangat pelayanan Dukcapil di seluruh belahan dunia adalah penyelenggarakan Adminduk yang membahagiakan masyarakat. Inilah yang masih terus kita benahi,” ujarnya.

Untuk itu Dirjen Zudan Arif Fakrulloh memerintahkan para Kadis Dukcapil menggelar survei tingkat kepuasan masyarakat (public satisfaction) atas layanan Dukcapil setiap 6 bulan sekali. “Lakukanlah survei di bulan Juni dan Desember. Survei sampling saja,” kata dia.

Selanjutnya, Prof. Zudan tak lupa memaparkan bagaimana caranya jajaran Dukcapil menggapai tujuan membahagiakan masyarakat dengan layanannya, sembari terus mencermati apa yang masih kurang dari pelayanan Dukcapil. Dukcapil***https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/303/tingkatkan-kualitas-layanan-dirjen-perintahkan-jajaran-dukcapil-gelar-survei-kepuasan-masyarakat