Prioritaskan Keamanan dan Stabilitas Politik, Tito Karnavian Ingin Lembaganya Lebih Baik di Masa Depan

Jakarta – Salah satu tugas prioritas Kemendagri saat ini adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri. Ibarat dua sisi mata uang, tanpa situasi yang aman kondusif pelaksanaan pembangunan tidak akan menggelinding di jalan yang mulus.
 
“Keamanan dan stabilitas politik, tugas pokok Kemendagri. Kita harus mulai bisa menangkap  apa saja kebijakan di tingkat pimpinan di kementerian lain, sembari kita juga menangkap visi dan misi Bapak Presiden Joko Widodo. Untuk itu kita perlu jaga stabilitas politik dan keamanan serta tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar Tito Karnavian saat memimpin apel perdananya sebagai Mendagri dalam Kabinet Indonesia Maju kepada seluruh pegawai Kemendagri, BNPP, IPDN dan BKPP, Jakarta, Kamis (24/10/2019). 

Tito juga menjelaskan, waktu dua bulan terakhir tahun ini bagi sebuah kabinet baru mungkin saja kestabilan belum terwujud. Apalagi, lanjut Tito, meskipun masalah pemilu presiden sudah selesai, tapi ekornya belum selesai.

“Akhir-akhir ini terjadi cukup banyak gejolak. Saat saya jadi Kapolri, setiap hari monitor demo-demo yang berhubungan dengan RUU yang dianggap kontroversial, seperti RKUHP, ketenagakerjaan, pertahanan, dan lainnya menjadi salah satu tema yang diangkat dalam aksi massa. Ini pasti akan menimbulkan gejolak politik”  sambungnya. 

Sebagai pembina penyelenggaraan pemerintahan daerah, ia menghimbau jajaran Kemendagri tidak berdiam diri. “Sebab bagi saya peran kepala daerah sangat penting meredam konflik di daerahnya. Kalau semua turun bersama untuk meredam, gejolak itu bisa dengan mudah ditangani,” papar mantan Kapolri periode 2016-2019 ini.

Pada bagian lain Mendagri Tito Karnavian juga menyinggung perlunya membangun hubungan dialogis antara pimpinan dan staf. 

“Selama 32 tahun sebagai anggota Polri banyak bersinggungan dengan tugas Kemendagri. Bagi saya ini lingkungan baru memerlukan saling mengenal dan membangun hubungan formal serta informal,” ujarnya.

Mendagri Tito juga mengatakan pada pekan-pekan pertama ini dirinya akan berusaha memahami betul satu persatu permasalahan yang ada. Hal-hal baik yang sudah dikerjakan pendahulunya akan dilanjutkan dan terus diperbaiki, sementara yang belum optimal akan ditingkatkan. 

“Yang positif yang sudah dikerjakan Pak Tjahjo Kumolo kita lanjutkan. Yang masih kurang kita perbaiki dengan inovasi dan berpikir out of the box. Saya pun sebagai Mendagri ingin memberikan warna yang positif bagi perkembangan Kemendagri lebih baik lagi ke depan,” kata Mendagri. Dukcapil***

 https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/284/prioritaskan-keamanan-dan-stabilitas-politik-tito-karnavian-ingin-lembaganya-lebih-baik-di-masa-depan