Tito Karnavian Serah Terima Jabatan Mendagri dengan Tjahjo Kumolo

Jakarta – Jenderal Pol. (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph.D. atau yang akbar disapa Tito Karnavian resmi dilantik Presiden RI Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). 

Usai dilantik, ia lantas menyambangi kantor barunya Kementerian Dalam Negeri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kedatangan Tito untuk pertama kalinya sebagai Mendagri langsung disambut jajaran Kemendagri di Ruang Sasana Bhakti Praja sekaligus untuk mengikuti prosesi serah terima jabatan bersama Tjahjo Kumolo sekitar pukul 12.30 WIB. 

Tito dan Tjahjo menandatangani surat serah terima jabatan Mendagri disaksikan jajaran Kemendagri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan kepolisian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan keduanya secara bergantian. 

Dengan menduduki jabatan sebagai Mendagri, selain Kemendagri, Tito bakal menjalankan tugas besar dengan membawahi dua lembaga lainnya, yaitu BNPP dan DKPP.

Sebagai pembuka, Tjahjo menyampaikan selamat menjalankan tugas sebagai Mendagri kepada Tito. Melihat rekam jejak mantan Kapolri ini, Tjahjo lantas optimis Tito mampu menjalankan tugas sebagai Mendagri. 

Terlebih, tugas sebagai Mendagri dinilainya akrab dengan sektor keamanan dan ketertiban di daerah yang sudah menjadi tugas sehari-hari Tito selama di kepolisian. Justru, lanjut Tjahjo, ia menilai dirinya belum otpimal menangani masalah ketertiban dan keamanan di daerah. 

“Saya merasa lima tahun ini yang belum (kurang) adalah menjaga stabilitas kambtibnas daerah. Kalau ada permasalahan timbul, baru ada koordinasi,” ujar Tjahjo. 

Untuk itu, ia sangat yakin Tito Karnavian mampu berkolaborasi dengan baik dengan berbagai pihak terutama TNI untuk menjaga stabilitas keamanan. 

“Saya yakin dengan pengalaman Pak Tito yang sukses berkoordinasi bersama TNI dan lainnya, dapat membangun stabilitas yang ada dengan cepat,” lanjut Tjahjo. 

Kini, giliran Tito yang menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, ia mengatakan tidak akan membuang-buang waktu dan akan langsung bekerja sesuai dengan perintah Presiden dan menjalankan tugas pokok Kemendagri. Jadi, ia meminta seluruh jajarannya untuk bersama menjalankan tugas demi bangsa dan masyarakat Indonesia.

“Saya mengharapkan dukungan dari seluruh jajaran untuk sama-sama kita membaktikan diri kepada pemerintah, bangsa dan masyarakat. Sesuai tugas pokok fungsi yang dibebankan pada Kemendagri,” ujar Tito. 

Tito lantas mengucapkan terima kasih kepada Tjahjo Kumolo yang dinilainya sudah menjalankan tugas dengan baik selama 5 tahun sebagai Mendagri. 

Ia juga menitip harapannya agar Tjahjo dapat menjalankan tugas dengan baik di lembaga yang baru sebagai sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Dukcapil***

https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/282/tito-karnavian-serah-terima-jabatan-mendagri-dengan-tjahjo-kumolo