Tinggal 4 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa Belum Terapkan KIA

Jakarta – Pemerintah mewajibkan setiap penduduk memiliki kartu identitas termasuk identitas untuk anak-anak. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Meski sudah diberlakukan sejak tiga tahun lalu, namun nyatanya belum seluruh kabupaten kota di Indonesia sudah bisa menerapkan kebijakan tersebut. 

Berdasarkan catatan Ditjen Dukcapil Kemendagri, dari enam provinsi di Pulau Jawa, hanya Jawa Timur saja yang belum seluruhnya dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota yang menerapkan KIA. 

Dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim, sebanyak 34 Disdukcapil Kab/Kota sudah menerapkan KIA. Sedangkan sisanya sebanyak empat Disdukcapil Kab/Kota belum menerapkan, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan.

Ditjen Dukcapil sendiri menargetkan semua kabupaten/kota sudah mulaia menerbitkan KIA hingga akhir tahun 2019. “Dengan dimulainya secara serentak penerbitan KIA di tahun 2019, diharapkan anak-anak yang belum memilikinya bisa dilanjutkan dan dituntaskan pada tahun-tahun berikutnya sesuai kemampuan anggaran,” kata Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Zudan menyatakan, mulai tahun ini juga Kemendagri juga mengalokasikan anggaran penerbitan KIA kepada semua kabupaten/kota melalui Dana Alokasi Khusus Nonfisik Pelayanan Administrasi Kependudukan (DAK Nonfisik Adminduk).

Sementara diketahui, lima provinsi di Jawa yang sudah seratus persen menerapkan kebijakan KIA, selengkapnya adalah Provinsi DKI Jakarta seluruh Suku Dinas Dukcapil di Jakarta Pusat, Selatan, Timur, Barat, Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu seluruhnya sudah menjalankan kewajiban mencetak KIA.

Begitu juga Jawa Barat dengan 27 Disdukcapil Kab/Kota, Jawa Tengah dengan 35 Disdukcapil Kab/Kota, DIY dengan 5 Disdukcapil Kab/Kota, dan Provinsi Banten dengan 8 Disdukcapil Kab/Kota seluruhnya sudah mengimplementasikan kebijakan wajib KIA.

“Masyarakat bisa segera mengurus KIA di Dinas Dukcapil masing-masing sesuai alamat Kartu Keluarga,” kata Prof. Zudan. Dukcapil***

http://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/210/tinggal-4-kabupatenkota-di-pulau-jawa-belum-terapkan-kia?fbclid=IwAR2KFah7D6-LGYIYXhmJ1Lg4X1c_3GTJEB_cOfjSNXZsbmINg7BiHs9Urm4