Aparat Disdukcapil Harus Siapkan Solusi Segala Masalah Adminduk

Temanggung – Dinas Dukcapil (Disdukcapil) di daerah mesti menjalankan serta turut menyukseskan kebijakan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan (Adminduk). Untuk memastikan semuanya terlaksana dengan baik, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, secara rutin menyambangi kantor-kantor Dinas Dukcapil mengecek langsung pelayanan Adminduk di sana.

Kali ini, ia mengunjungi kantor-kantor Dinas Dukcapil di Jawa Tengah. Berbagai aspek seperti infrastruktur pelayanan, hingga kesiapan SDM dalam menerapkan berbagai kebijakan Adminduk paling mutakhir turut menjadi perhatiannya. 

“Ini dilakukan untuk memastikan pelayanan Adminduk berlangsung rancak, termasuk kondisi infrastruktur (kantor) hingga kualitas SDM-nya,” kata Zudan di sela-sela kesibukannya mengamati layanan Adminduk di kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (19/7/2019).

Ada empat kantor Dinas Dukcapil yang ia kunjungi hari itu. Memulai pelawatan dari Kota Semarang, Zudan mengawali blusukannya dari Temanggung ke Dinas Dukcapil Kabupaten Wonosobo. Kemudian lanjut ke Dinas Dukcapil Kabupaten Banjarnegara, hingga Dinas Dukcapil Kabupaten Purbalingga.

“Perjalanan kemudian berakhir di Kabupaten Banyumas, tepatnya Kecamatan Purwokerto karena saya ada tugas mengajar di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro,” rincinya.

Mengenai kegiatan inspeksi itu, lanjut Zudan, tidak lain adalah representasi dari jiwa Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi bangsa yang diciptakan untuk memberi solusi pada setiap permasalahan.

“Jadi, kalau diringkaskan, kunjungan saya ini untuk melihat apa saja problem-problem yang ada di daerah. Karena bagaimana pun, ASN diciptakan untuk memberi solusi pada masalah, khususnya dalam hal layanan Adminduk yang sudah menjadi tugas saya,” jelas Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional ini.

Tak lupa, Zudan juga mengapresiasi kinerja dan totalitas yang telah ditampilkan oleh insan Dukcapil di daerah. Berkat kerja keras mereka semua, branding Dukcapil menanjak secara signifikan.

“Tadi malam saya menghadiri acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Semarang. Semua pakar mengatakan pelayanan adminduk saat ini telah berubah drastis karena terbukti memberikan manfaat nyata bagi bangsa,” katanya memungkasi. Dukcapil***

http://dukcapil.kemendagri.go.id/2018197-aparat-disdukcapil-harus-siapkan-solusi-segala-masalah-adminduk