Imbas Prasyarat KIA dalam Penerimaan Siswa Baru, Pemohon Rela Antre dari Subuh

CILACAP, SATELITPOST – Animo masyarakat Kabupaten Cilacap untuk membuat administrasi kependudukan bagi anak-anak, Kartu Identitas Anak (KIA) sangat tinggi. Terlihat dari panjangnya antrean di di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cilacap, Selasa (21/5). Bahkan ada orangtua yang rela mengantre sejak pukul 05.00 WIB.

Ayu, warga Adipala mengungkapkan, dirinya membuat KIA menyusul adanya persyaratan yang diminta oleh pihak sekolah guna melampirkan KIA dalam berkas pendaftaran peserta didik baru.

“Saya mengurus Kartu Identitas Anak dan rela harus mengantre. Karena kartu ini penting untuk anak, takutnya kalau mau mendaftar sekolah nanti ditanyakan KIA ini,” ujarnya.

 Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Cilacap Edi Wibowo mengatakan, bahwa antusias masyarakat semakin hari semakin luar biasa. Karena untuk sekolah sudah ada yang mulai mensyaratkan memiliki KIA.

 “Tadi pagi antrenya minta ampun, sekitar jam setengah lima sudah mulai ada yang mengantre. Bahkan antrean memanjang sampai ke gerbang jalan,” ujarnya.

 Kendati demikian Dinas tetap mencoba untuk bisa melayani masyarakat yang sudah mengantre. Padahal dalam sehari rata-rata cetak KIA sekitar 200 keping. Namun karena antrean panjang Dinas bisa mencetak sekitar 300 keping.

 “Memang kalau yang paling padat di Kota sama di UPT Majenang. Padahal jadwal pelayanan untuk pencetakan KIA sudah dibagi per kecamatan dalam sehari di masing-masing UPT,” ujarnya.

 Pihaknya ke depan juga akan mendorong masyarakat untuk menggunkan sistem onlinemilik Disdukcapil Cilacap. Sehingga datang ke Kantor UPT sudah terjadwal dan tinggal mengambil KIA yang sudah tercetak. Namun persyaratan atau dokumen asli yang sebelumnya di-scan dan dimasukkan ke sistem untuk tetap dibawa seperti e-KTP kedua orangtua, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan pas foto khusus untuk anak yang berumur 5 tahun ke atas.

 “Sebenarnya sudah ada juga yang menggunakan sistem online, namun jumlahnya belum terlalu banyak,” kata dia. (andrian@satelitpost.com)

Sumber https://satelitpost.com/regional/cilacap/imbas-prasyarat-kia-dalam-penerimaan-siswa-baru-pemohon-rela-antre-dari-subuh