Bimbingan Teknis (Bintek) Pengelola Data Kependudukan bagi Aparat Provinsi dan Kabupaten/Kota

Jakarta – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen. Dukcapil, Kemendagri) yang diwakilkan oleh Direktur Pengelolaan Informasi Admimnistrasi Kependudukan (Dir. PIAK), Drs. A.S. Tavipiyono, MM, MA memberikan arahan dan sekaligus membuka secara resmi Angkatan II Bimbingan Teknis (Bintek) Pengelola Data Kependudukan bagi Aparat Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun di Grand Kemang Hotel Jalan Kemang Raya No. 2H, Jakarta Selatan (13 Maret 2019).

Direktur PIAK, Ditjen. Dukcapil, menegaskan semangat kita adalah melakukan pelayanan terbaik yang membahagiakan masyarakat dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Dengan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita dapat membahagiakan masyarakat dengan cara melakukan pelayanan terintegrasi 3 in 1, 4 in 1, sampai 6 in 1. Layanan dalam 1 paket (Akta Lahir, KIA; KTP-el, KK, akta Kematian; KTP-el, KK, Akta Perkawinan)”, Kata Tavip.

“Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang sehari-hari dioperasionalkan dalam layanan administrasikan, telah terbangun database kependudukan yang baik, maka pembuatan KTP-el dan/atau pindah penduduk tidak perlu pengantar RT/RW, Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Cukup datang ke Dinas Dukcapil dengan membawa Kartu Keluarga (KK)”, kata Tavip selanjutnya.

Direktur PIAK lebih lanjut menjelaskan, “Kenapa cukup membawa KK ?. Oleh karena KK merupakan database elektronik yang dicetak pada blangko selanjutnya diterbikan oleh Kepala Dinas. Pada KK yang diterbitkan terdapat NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai kunci akses terhadap data perseorangan (biodata penduduk), sehingga dapat langsung memproses penerbitan berbagai dokumen kependudukan sesuai peristiwa yang dialami oleh penduduk”.

Berbicara database elektronik dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat serta semakin luas jangkauannya. Direktur PIAK menjelaskan, “Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini, tahun 2019 ini kita menerapkan SIAK terpusat online real time, sehingga kita pun dapat menyajikan data transaksi layanan administrasi kependudukan secara real time pula”.

Terkait perkembangan berbagai aplikasi dan varian teknologi terbaru yang begitu cepat. Direktur PIAK mengarahkan peserta. “Saya mengajak seluruh peserta Bintek untuk mengikuti lompatan terapan teknologi melalui Dukcapil Go Digital. Oleh karena itu, kepada seluruh peserta saya harapkan untuk sungguh melakukan simulasi/praktik Go Digital, sehingga rekan-rekan tidak hanya sebatas membayangkan prosesnya, melainkan turut merasakan dan memfaktakan bahwa proses penerbitan dokumen dapat dilakukan dari mana pun dan kapan pun”

Sebelum mengakhiri arahan, Direktur PIAK mengatakan “Rekan-rekan Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, saya mintak untuk sungguh-sungguh melaksanakan instruksi Dirjen. Dukcapil kepada seluruh Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui surat nomor 470/2134/Dukcapil hal Update SIAK Versi 7.3 untuk Dukcapil Go Digital. Bintek ini sebagai bukti nyata bahwa kita sungguh-sungguh melaksanakan instruksi tersebut. Dalam hal rekan-rekan masih mengalami kendala teknis, segeralah menghubungi anggota tim asistensi atau narasumber SIAK Go. Digital.”