Bupati Buka TMMD Sengkuyung Tahap I Desa Dayaeuhluhur

DAYAEUHLUHUR, Cilacap – Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2019, di Desa Dayaeuhluhur, Selasa (26/2/2019). Pembukaan dilakukan dalam satu upacara di lapangan desa setempat.

Upacara tersebut dihadiri Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, Forkopimda Cilacap, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap Achmad Arifin Santosa Raden, perwakilan OPD, BUMN/BUMD, tokoh agama, dan masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui sambutan yang dibacakan Bupati berharap, TMMD juga disisipi program yang menggugah nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme. Hal ini penting mengingat hoax, bully dan ujaran kebencian yang marak akhir akhir ini berpotensi memecah belah bangsa.

“Mari kita sadarkan masyarakat tentang arti penting persatuan dan kesatuan. Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya”, kata Bupati.

Menurut Gubernur, TMMD merupakan salah satu cara merawat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan persoalan kebangsaan. Sebab sejarah mengajarkan bahwa semangat kebersamaan merupakan senjata ampuh dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan.

Berdasarkan data BPS per September 2018, jumlah penduduk miskin Jawa Tengah sebesar 3,87 juta orang atau 11,19 persen. Dari jumlah tersebut 2,15 juta orang diantaranya tinggal di pedesaan. Program penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan prinsip kerakyatan melalui pendekatan holistik-integratif-tematik dan spasial.

“Yang tidak kalah penting, kita harus mendorong dan mendampingi masyarakat desa agar berkreasi, serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi desa agar lahir startup wirausaha. Sehingga masyarakat desa makin sejahtera”, tambahnya.

Pembukaan TMMD ditandai pemukulan kentongan oleh Bupati diikuti Forkopimda. Usai membuka TMMD, Bupati bersama Forkopimda meninjau bazaar produk unggulan di lapangan desa setempat. Bupati juga membeli beberapa produk kerajinan dan pertanian masyarakat lokal.

Anggaran kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2019 Desa Dayaeuhluhursebesar Rp 565.000.000. Rinciannya Rp 265.000.000 berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah, dan Rap 300.000.000 berasal dari APBD Kabupaten Cilacap.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk kegiatan fisik sebesar Rp 425.000.000, kegiatan non fisik Rp 60.000.000, dan dukungan SST Rp 80.000.000. Untuk kegiatan fisik meliputi pembangunan makadam 1.150 m x 2,5 m, pembangunan 2 unit MCK, 3 unit gorong gorong, 20 unit RTLH, dan drainase 95 m.

Sedangkan kegiatan non fisik antara lain enyuluhan Pertanian, Pertenakan dan perkebunan. Penyuluhan kesehatan gratis, penyuluhan bela negara dan kamtibmas, penyuluhan bencana alam dan narkoba. Kemudian pembuatan akte kelahiran gratis, pelayanan Perpustakaan keliling, dan pelayanan E-KTP. (dony/kominfo)

http://cilacapkab.go.id/v2/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=7025