Perekaman KTP-el Serentak Nasional, Disdukcapil Kab Cilacap Jemput Bola di 8 Lapas

Dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), khususnya untuk pemenuhan kepemilikan KTP elektronik bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), sekaligus untuk mendukung terpenuhinya syarat hak konstitusional pemilih dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019, maka berdasarkan arahan Mendagri yang tercantum dalam surat Nomor 471.13.539/Dukcapil tanggal 10 januari 2019, Disdukcapil turut melaksanakan Gerakan Nasional Jemput Bola Serentak KTP-el. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap menggelar Gerakan Nasional Jemput Bola pembuatan KTP-el serentak yang di mulai sejak tanggal 16 s.d 19 Januari 2019 bertempat di 8 Lapas yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap, yaitu :

  1. Lapas Kelas II b
  2. Lapas Batu, Nusakambangan
  3. Lapas Pasir Putih, Nusakambangan
  4. Lapas Kembang Kuning, Nusakambangan
  5. Lapas Narkotika, Nusakambangan
  6. Lapas Besi, Nusakambangan
  7. Lapas Terbuka, Nusakambangan
  8. Lapas Permisan, Nusakambangan

Pada kesempatan kali ini, selain kerjasama antara Disdukcapil dan Lapas, Selain petugas yang telah di perintahkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab.Cilacap Bp. Dikdik Nugraha, SH, MM hadir pula perwakilan dari KPUD, Bawaslu, Perwakilan dari Dispermades dan Dukcapil Prov Jateng serta tim dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan  Sipil Kementrian Dalam Negeri.

Perekaman KTP-el dalam rangka mendukung hak-hak konstitusional politik khususnya warga negara yang ada di di Lapas. Hal ini juga sebagai satu langkah mendukung sukses Pemilu Serentak 2019 mendatang. Dari kegiatan perekaman yang dilakukan, selain merekam penduduk asli dari Kab.Cilacap juga melayani perekaman KTP-el Luar Daerah tanpa merubah NIK dan alamat asal (tetap menggunakan data asal) selama data tersebut terdapat di database pusat.