4 Tahun Jalan Terjal Penyelenggaraan Adminduk, Kemendagri Raih 11 Penghargaan Dalam dan Luar Negeri

Jakarta – Selama 4 tahun terakhir, penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang datang silih berganti. 

Akan tetapi, di tengah banyak badai yang menerpa, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri justru mendapatkan 11 penghargaan dari dalam negeri maupun internasional. 

Berbagai penghargaan tersebut menunjukkan semakin meningkatnya kepercayaan publik terhadap data kependudukan. 

Berikut daftar penghargaan yang diperoleh Ditjen Dukcapil Kemendagri selama 4 tahun terakhir, dalam kurun waktu antara Juli 2016 sampai Desember 2018. 

Satu, tanggal 27 Juni s.d. 1 Juli 2016 di Sandiego Kalifornia, Amerika Serikat, penghargaan dari Environmental Systems Research Institute (ESRI Inc.), atas karya unggul dalam pengembangan dan penerapan teknologi Geographic Information System (GIS).

Dua, tanggal 12 Agustus 2016 di Bentara Budaya, Jakarta, penghargaan dari Yayasan Institut Kewarganegaraan Indomesia (IKI), atas kebijakan inovatif dalam sistem administrasi dan pencatatan sipil.

Tiga, tanggal 22 November 2016 di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), atas kategori pencetak rekor penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terbanyak dengan 100 lembaga pasar modal.

Empat, tanggal 13 Januari 2017 di Istana Negara, Jakarta, penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), atas kategori mendukung pendalaman pasar keuangan. 

Lima, tanggal 24 Oktober 2017 di Palacio Hotel Aston, Kota Kupang, penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), atas kategori perjanjian kersama (PKS) terbanyak dengan 229 BPR/BPRS anggota Perbarindo (pecahkan rekor).

Enam, tanggal 19 Desember 2017 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), penghargaan The Hassan Wirajuda Award 2017 atas dedikasi dan komitmen perlindungan bagi WNI di luar negeri.

Tujuh, tanggal 20 Desember 2017 di Hotel Le Meriden, Jakarta, penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), atas partisipasi, dukungan dan kerjasama yang baik dan atas suksesnya program registrsi pelanggan jasa telekomunikasi.

Delapan, tanggal 24 Januari 2018 di Assembly Hall Menara Mandiri, Jakarta, pengharagan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), atas peran dalam rangka pengembangan pasar modal Indonesia.

Sembilan, tanggal 22 Oktober 2018 di Hotel Grand Artos, Magelang, Jawa Tengah, penghargaan dari Perhimpunan BPR Indonesia (Perbarindo) atas percepatan pemanfaatan data kependudukan di BPR BPRS seluruh Indonesia

Sepuluh, pada tanggal 20 Desember 2018 di Menara Indosat, Jakarta, penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atas kerjasama dalam mendukung tugas-tugas penyelenggaraan pos dan informatika. 

Sebelas, pada tanggal 20 Desember 2018 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, penghargaan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atas peran dalam memberikan akses data kependudukan khususnya KTP-el sehingga penegakan hukum dan operasi-operasi kemanusiaan yang diemban Polri dapat berjalan dengan baik. Dukcapil***

https://www.kemendagri.go.id/blog/28968-4-Tahun-Jalan-Terjal-Penyelenggaraan-Adminduk-Kemendagri-Raih-11-Penghargaan-Dalam-dan-Luar-Negeri?fbclid=IwAR11GgXuUP6k8F7nRzdGlqn43AMD2862pxp_Ec8zuw_KIIzu3tTLc0bgrNk