Penatausahaan Ktpel Bekas,rusak/Invalid Tahap Pertama dan Kedua

Dalam Surat Edaran Nomor: 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menginstruksikan kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota untuk melakukan pencatatan dan pemusnahan dengan cara dibakar.

Pemusnahan KTP-el bertujuan agar tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan yang tergolong memiliki kesalahan pada pencetakan KTP elektronik. Pemusnahan ini dilakukan serentak di Indonesia.

Pemusnahan tersebut dilakukan yang dimana sudah tidak ‘valid’ atau adanya perubahan-perubahan yang signifikan. yang KTP-el nya salah pengetikan pada tanggal lahir, nama, alamat, maupun perubahan data penduduk karena pindah, atau lain sebagainya. Dengan harapan
agar tidak ada lagi kasus-kasus yang muncul akibat KTP-el seperti beberapa bulan lalu adanya kasus tercecernya KTP-el di jalanan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap pada kesempatan ini, melakukan pemusnahan KTP-el yang telah berlangsung dalam 2 tahap. Pada tahap pertama sejumlah 5.144 keping dan pada tahap ke dua, sejumlah 28.734 keping KTP-el.

https://nasional.kompas.com/read/2018/12/18/13065021/pertimbangan-mendagri-perintahkan-pemusnahan-e-ktp-invalid

https://www.facebook.com/pg/dukcapilclp/photos/?tab=album&album_id=2138810453116202&__tn__=-UC-R